Apa Sih Custom Affinity Audiens Google Adwords?

custom affinity audiences google

Semakin hari fitur layanan iklan Google atau Google Adwords semakin berbenah. Tak mau ketinggalan Facebook Ads yang bisa melakukan targeting menggunakan berbagai macam interest yang super targeted, Google pun mengeluarkan fitur baru yang disebut "Custom Affinity Audiens".

Sebenarnya sebelum ada Custom Affinity Audiens ada yang namanya Affinity Audiens.
Affinity Audiens adalah targeting iklan berdasarkan Long-Term Interest yang dimiliki oleh audiens. Sayangnya interest yang ada di Affinity Audiens ini terlalu broad dan sudah ada interest defaultnya, jadi kita tinggal pilih saja.

Karna terlalu broad, jadi ada banyak interest yang mungkin tidak bisa di wakili dengan interest yang ada di Affinity Audiens ini. Maka dari itu Google memunculkan fitur targeting baru yaitu Custom Affinity Audiens.

Custom Affinity ini adalah targeting menggunakan interest (keyword) yang bisa di custom atau kita input secara manual. Selain itu juga bisa menggunakan URL website yang berkaitan dengan interest yang ingin kita target.

Let's say kita ingin menarget orang-orang yang memiliki minat terhadap brand Daihatsu atau orang-orang yang tertarik pada dunia otomotif.

Jadi kita bisa tambahkan targeting sebagai berikut:

Interest:
Daihatsu
Daihatsu Terios
Daihatsu Xenia
Toyota
Bengkel

URL:
daihatsu.co.id
toyota.astra.co.id
autonetmagz.com

Lihat contoh di bawah!

custom affinity audiens google adwords

Pro Tips!

  • Gunakan 4 s/d 5 keyword/URL untuk targeting. Menggunakan keyword/URL lebih dari itu tidak akan menambah keefektifan targeting
  • Masukan URL website kamu sebagai targeting juga oke kok
  • Masukkan juga URL website kompetitor, ini juga bisa banget
  • Coba googling dan cari URL website yang berkaitan dengan interest yang ingin kamu target
  • Youtube channel/video URL juga bisa kamu gunakan sebagai targeting
  • Kamu tidak bisa menggunakan website yang membutuhkan login sebagai targeting seperti Facebook, Pinterest, dan juga Social Media lainnya.

Untuk saat ini targeting Custom Affinity bisa kamu gunakan di iklan Google Display Network atau Youtube Video Ads. Dari beberapa test yang saya lakukan, menggunakan targeting ini bisa meningkatkan CTR Google Display Ads hingga 1%. Wow banget bukan? Konversinya juga cukup Oke kok.

Untuk menggunakan targeting Custom Affinity ini kamu perlu masuk ke Adgroup dan memilih targeting Interest & Remarketing lalu pilih Custom Affinity Audiens. Setelah itu kamu input interest/keyword/URL yang ingin kamu jadikan targeting. 

Lihat gambar di bawah!



Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar. Salam sukses! 😊😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar