Pengalaman Kirim Motor Via PT Pos

Beberapa bulan setelah Si Red Verza turun, saya memutuskan untuk merantau ke jakarta. Ini juga karna meninggalnya almarhumah ibu saya. Saya tidak kuat menahan sedih jika terlalu lama berada di palembang.

cara kirim motor dari palembang ke jakarta yang aman

Semenjak berada di jakarta, otomatis si Red jadi jarang dipake dan ngejogrok aja di dapur. Nah, pas ada kesempatan pulang ke palembang saat libur lebaran lalu, saya memutuskan untuk kirim nih motor ke jakarta.

Kenapa gak dinaikin aja ke jakarta? Jawabannya "capek bro". Hehe. Meskipun sebenarnya palembang-jakarta hanya sekitar 15 jam perjalanan via darat. Tapi karna kebentur jadwal kerja dan waktu liburan yang pendek saya memutuskan untuk naik pesawat dan motornya mau saya paketin saja.

Mulailah saya cari cara kirim motor dari palembang ke jakarta yang aman. Pertama saya kepikiran untuk kirim motor via pos, tapi setelah baca-baca review dan dapat saran dari temen, saya memutuskan untuk kirim motor dari palembang ke jakarta via JNE.

Katanya kalau kirim motor via JNE bisa langsung di kirim ke alamat tujuan dan biaya kirim motor dari palembang ke jakarta via JNE tidak beda jauh dengan PT Pos Indonesia. Sedangkan kalau kirim motor via pos kita harus ambil sendiri di kantor pos pusat tujuan.

Tapi karna ada temen yang cerita punya pengalaman buruk saat kirim motor via JNE, alhasil saya kembali berpaling ke PT Pos Indonesia. Bukan karna itu aja, tapi juga karna kantor JNE tutup di hari sabtu minggu dan hanya kantor pos yang tetap buka di hari sabtu dan minggu.

biaya kirim motor dari palembang ke jakarta via pt pos
surat bukti pengiriman

Selain itu, ongkos kirim motor via pt pos indonesia ternyata lebih murah dari JNE. Biaya kirim motor dari palembang ke jakarta via pt pos indonesia pake tarif Paket Jumbo Motor hanya Rp.951.630 + biaya packing Rp.200.370 jadi total biaya kirim motor dari palembang ke jakarta barat via pt pos adalah Rp.1.152.000 dengan syarat hanya meninggalkan kunci saja. Biaya itu sudah termasuk helm saya yang juga ikut saya kirimkan. Syarat lainnya adalah tangki bensinnya harus dikosongkan.

Mengapa ongkirnya mahal? Karna yang saya kirim motor batangan 150cc, kalo motor bebek atau matic yang lebih kecil ongkos kirimnya lebih murah.

Sedangkan biaya kirim motor dari palembang ke jakarta via JNE pas saya tanya ke kantornya sekitar 1,5jt dan itupun kunci dan STNK aslinya di tahan dan tangki bensinnya juga harus dikosongkan..

Setelah beberapa hari proses pengiriman via pt pos, akhirnya saya mendapat telpon dari kantor pos pusat tujuan bahwa motor saya sudah sampai. Sabtu saya kirim motornya dan jumat minggu depannya motornya sudah sampai. Kurang lebih lama pengiriman motor dari palembang ke jakarta via pt pos sekitar 7 hari. Saya sarankan untuk sering-sering menelpon kantor pos pengirim beberapa hari setelah pengiriman agar kamu bisa tau posisi motor kamu, apakah sudah berangkat atau belum.

Meskipun sudah dilengkapi resi pengiriman, kadang resi pengiriman dari kantor pos ini kurang bisa di harapkan untuk bisa mentracking posisi kiriman secara real time. Jadi sebisa mungkin kamu harus tau nomor telpon kantor pos pengirim dan kantor pos tujuan. Kalo kamu mau ngetrack resi pengiriman pos bisa langsung menuju ke --> www.posindonesia.co.id/tnt/?ii=lacak-kiriman

Pas hari sabtu saya ke kantor pos yang di maksud sambil membawa surat bukti pengiriman dan seliter bensin. Karena pada saat pengiriman dari palembang bensin di kosongkan, jadi pas nyampe jakarta tangkinnya kosong melompong.

Pada saat pengambilan saya lihat packing motor lumayan rapi, tapi sayangya saya lupa ambil foto, jadinya gak ada fotonya deh. Yang jelas motor saya sampe ke jakarta dengan selamat dengan odometer yang tidak nambah sama persis seperti sebelum pengiriman dan tidak ada part yang rusak.

Jadi sebelum kirim, sebaiknya kamu foto dulu odometernya. Ini untuk jaga-jaga saja. Kalau pas ngambilnya nanti odometernya nambah banyak banget, itu berarti motor kamu di pake muter-muter dulu sebelum di kirim.

Setelah proses pengambilan selesai, saya langsung mencari SPBU terdekat untuk isi bensin full tank. Lalu si Red saya ajak keliling ibu kota jakarta.

Oke itu tadi pengalaman saya kirim motor dari palembang ke jakarta via pt pos. Semoga bermanfaat ya.

3 komentar:

  1. Terima kasih gan.. sangat bermanfaat
    Kebetulan saya mau kirim motor jg..

    BalasHapus
  2. Bos itu yang ngosongin tangki dari pos nya apa bos yang ngosongin ?

    BalasHapus