Tomcat alias Tomket: Serangga Cantik Mematikan

Pada ramadhan lalu tiba-tiba apartment dipenuhi oleh tomcat a.k.a tomket. Serangga kecil (baca:bajingan tengik) yang bikin repot saya berbulan-bulan.

tomcat tomket
tomcat

Serangga tomcat ini memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik, tapi sayang sangat mematikan (maaf istilah yang saya pakai terlalu lebay). Saya kira tomcat ini mirip-mirip dengan aktris JAV yang terkena HIV, cantik namun mematikan. haha.

Sialnya saya harus ngerasain sakitnya gigitan tomcat di mata kanan saya. Ciri ciri digigit tomcat di mata adalah pada hari pertama akan bengkak disertai sakit. Lalu pada hari kedua bengkak akan semakin membesar disertai munculnya bintil-bintil berisi air dalam jumlah yang cukup banyak serta akan terasa sangat perih jika terkena air dan juga disertai demam.

Hari ketiga dan ke empat bengkak dan bintil-bintil air masih akan terus ada dan rasanya sangat menyakitkan. Lalu pada hari ke lima kulit bekas gigitan tomcat di wajah akan menghitam seperti terbakar dan mengering. Pada hari ke lima juga kulit akan mengelupas seperti kulit ular yang terkelupas. Saran saya jika belum benar-benar kering jangan dikelupas dulu, nanti akan perih sekali jika kena air.

efek gigitan tomcat berapa lama
progres efek gigitan tomcat pada wajah

Jadi berapa lama luka tomcat hilang? Kalau yang saya alami, itu sekitar 7 hari. Tapi efek gigitan tomcat berapa lama? Saya kurang bisa memastikan berapa lama efeknya hilang. Sampai lewat satu bulan pun kulit sekitar mata bekas gigitan tomcat itu menjadi sangat sensitif dan perih serta gatal jika terkena air.

Sialnya lagi selang satu bulan, saya kembali terkena tomcat di mata kiri saya. Sekarang kedua mata saya sudah merasakan bagaimana ganasnya bisa racun tomcat. Sebenarnya jika yang terkena gigitan tomcat itu bagian tubuh lain (selain bagian muka) maka efeknya hanya muncul bintil-bintil air dan gatal saja. Tapi kalau gigitan tomcat di mata atau area sekitar wajah, anehnya efeknya akan bengkak dan sangat-sangat menyakitkan.

Cara mengobati gigitan tomcat di wajah sebenarnya cukup mudah. Kami hanya perlu pergi ke dokter umum saja. Tapi sebenarnya tanpa pergi ke dokter pun bekas gigitan tomcat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Jika kamu pergi ke dokter, kamu akan mendapatkan beberapa obat minum dan obat salep. Harga obat dan harga salep untuk tomcat waktu itu saya beli sekitar 100rb plus biaya konsultasi ke dokternya.

obat tomcat salep
obat untuk mengobati gigitan tomcat

Jadi waktu itu saya dikasih 4 obat minum dan 1 salep.

Grathazon Dexamethasone 0.5 mg fungsinya sebagai anti alergi, imunosupresan, anti inflamasi dan anti shock. Lapistan asam mefenamat (mefenamic acid) 500 mg fungsinya hampir sama dengan grathazone, yaitu anti inflamasi atau meredakan nyeri.

Alleron chlorpheniramine maleate 4 mg (CTM) fungsinya meredakan alergi dan gatal-gatal pada tubuh. Sedangkan Etaflox ciprofloxacin 500 mg fungsinya sebagai anti biotik.

Nah obat tomcat salepnya namanya Betason-N betamethasone valerate neomycin sulfate 5 gr. Bethason-N ini adalah jenis obat steroid dan Neomycin salah satu jenis antibiotik juga. Obat steroid berguna sebagai anti radang, anti gatal, sedangkan antibiotik berguna untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Kombinasi keduanya menjadikan Betason N berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Kurang lebih begitulah penjelasan medisnya.

Kamu bisa sampai di blog ini karna kamu juga mengalami masalah yang sama bukan? Yaitu sama-sama terkena gigitan tomcat di wajah. Ya, saya harap artikel ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi kamu.


Gigitan tomcat itu memang bahaya, tapi gak mematikan kok. Mungkin ada, tapi saya belum dapat datanya tuh. Nyatanya saya sudah dua kali digigit tomcat di wajah dan beberapa kali di badan cuma demam-demam saja, kecuali untuk di wajah, efek gigitan tomcat memang sedikit menyakitkan karna di sertai perih dan bengkak.

Saran saya jika rumah kamu banyak tomcat, basmi menggunakan pestisida atau racun serangga. Matikan lampu saat tidur, bila perlu pakai kelambu. Karna dua kali saya digigit tomcat di wajah itu pas saya lagi tidur dan tau-tau aja pas bangun muka saya udah bengkak semua kayak petinju K.O babak belur.

Kalau kamu tidak keberatan, boleh tinggalkan komentar atau sharing pengalaman kamu tentang digigit tomcat di kolom komentar agar bisa jadi pengetahuan bagi sahabat pembaca lainnya. Terimakasih. 😊😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar