Cegah Kecelakaan Dengan Pengukur Tekanan Angin Ban Motor

Wow.. Judulnya ngeri kali ya.. Haha.

Begini ceritanya..
Waktu itu saya pinjem motor honda beat karbu punya sodara dan saat di jalan ban belakangnya tiba-tiba gembos langsung habis anginnya. Otomatis motor jadi tidak bisa di kontrol dan hampir saja saya dan emak saya celaka.

Untungnya saat itu sedang berada di belokan dan saya memelankan laju motor, jadi motor tidak sampai terguling.

Semua kejadian itu karna ban kelebihan tekanan sehingga bekas tambalan ban lepas yang menyebabkan ban langsung kempes tiba-tiba.

Belajar dari pengalaman itu saya sekarang selalu sedia alat pengukur tekanan angin ban atau istilahnya tyre pressure gauge.

pengukur tekanan angin ban

Sebaiknya kita cek tekanan ban kita setiap satu minggu sekali dalam keadaan dingin agar ban motor dapat berfungsi maksimal dan untuk mengindari celaka seperti pengalaman saya berusan.

Konon juga katanya dengan tekanan angin yang pas akan mengurungai gesekan antara ban dan jalan, sehingga bisa mengurangi beban kerja mesin yang berimbas pada konsumsi BBM yang semakin irit.

tyre pressure gauge

Lalu berapa sih tekanan angin ban yang di anjurkan untuk ban motor kita?

Untuk bebek Honda Supra X 125 tekanan ban saat berkendara sendiri dan berboncengan sama saja yaitu:
Depan 200 KPa/ 2.00 kgf/cm²/ 29 psi
Belakang 225 KPa/ 2.25 kgf/cm²/ 33 psi

ukuran tekanan angin ban motor honda supra x 125
ukuran tekanan ban supra x 125

Sedangkan tekanan ban tubeless untuk motor sport Honda Verza:
Berboncengan:
Depan 175 KPa/ 1.75 kgf/cm²/ 25 psi
Belakang 225 KPa/ 2.25 kgf/cm²/ 33 psi

Sendirian:
Depan 175 KPa/ 1.75 kgf/cm²/ 25 psi
Belakang 200 KPa/ 2.00 kgf/cm²/ 29 psi

ukuran tekanan angin ban motor honda verza 150
ukuran tekanan angin ban honda verza

Mungkin kamu bertanya-tanya, kok ban supra x 125 yang kecil, tekanannya lebih kuat dari pada tekanan ban honda verza yang besar.

Hal ini karna keduanya menggunakan dua tipe ban yang berbeda, yaitu tube type dan tubeless. Di mana tekanan ban tubeless bisa di buat lebih rendah karna kedua sisi ban tubeless lebih keras dari pada ban tube type.

Lalu kemudian kamu harus membedakan apa itu tekanan udara dan volume udara.

Volume udara adalah jumlah udara yang diperlukan untuk mengisi ban. Saat udara dimasukkan, udara akan mencoba untuk keluar dari ban sehingga menghasilkan tekanan yang di tahan oleh pentil ban.

Tekanan angin inilah yang membuat ban menjadi keras dan tekanan inilah yang perlu kita pantau dengan cara mengurangi volume udara pada ban ataupun menambahnya.

Dengan menambahkan volume udara, maka tekanan ban akan naik, sedangkan saat mengurangi volume udara maka tekanan ban akan turun.

Untuk menghasilkan tekanan yang sama pada ban di butuhkan volume atau jumlah udara yang berbeda pada setiap ban. Jadi tekanan ban boleh sama, tapi volume atau jumlah udaranya berbeda-beda sesuai dengan ukuran ban. Tentunya semakin besar ukuran ban, maka semakin banyak pula volume udara atau jumlah udara yang diperlukan

Lalu berapa ukuran tekanan ban motor untuk tipe yang lainnya? Pada dasarnya sih hampir sama berkisar antara 25 psi s/d 33 psi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar