Ini Yang Terjadi Jika Aki Honda Supra X 125 Soak


honda supra x 125

Kemarin, minggu pagi tanggal 13/07/2014 saya rencana mau keluar sekaligus manasin si biru, panggilan sayang saya untuk motor honda Supra X 125 milik saya, karna akhir-akhir ini si biru jarang di pake jalan.


Setelah si biru siap, kunci kontak pun mulai saya tusukan dan saya putar. Seperti biasanya, jarum speedometer berputar ke angka 160 sampai mentok kemudian kembali lagi ke angka 0. Namun ketika saya pencet tombol starter, indikator mati semua.

Saya kemudian mencoba menghidupkan mesin dengan kick starter, mesin hidup normal seperti biasa. Namun lampu indikator pada motor hidup kedap-kedip seperti kehabisan tenaga. Begitupun dengan jarum spedometer yang bergerak ke kiri dan ke kanan seperti kesurupan.

Saya tidak begitu cemas menghadapi penyakit si biru ini, karna ini pengalaman kedua saya. Sebelumnya, setahun yang lalu si biru juga pernah menderita penyakit yang sama. Inilah yang terjadi jika aki Honda Supra X 125 soak. Sistem kelistrikannya jadi tidak normal.

Jika setahun lalu saya langsung inisiatif ganti aki, kali ini tidak. Saya selidiki lagi lebih dalam. Menurut analisa beberapa pakar otomotif, hal ini juga bisa terjadi bukan hanya karna aki mulai tekor atau soak, tapi bisa juga karna sekring yang bermasalah. 

Saya kaget ketika membuka kotak sekring Supra X 125 saya yang terletak di samping aki di bawah jok, karna terdapat dua sekring dengan dua warna berbeda, merah untuk 10 Ampere dan biru untuk 15 Ampere. Sedangkan pada motor lain biasanya saya hanya menemukan satu sekring warna biru 15 Ampere.

Menurut sumber yang saya baca, kedua sekring ini beda fungsi, yang merah untuk beban kelistrikan seperti lampu sein, lampu indikator, starter, klaskson, dan spidometer. Sedang yang biru untuk pengisian.


sekring supra x 125

Setelah saya cek sekring ternyata tidak ada masalah di sekring, bahkan saya juga sudah ganti dengan menggunakan sekring baru dan lampu indikator tetap kedap-kedip. Jadi saya pikir bukan masalah di sekring tapi di akinya.

Sebenarnya saat motor mulai berjalan, lampu indikator ini hidup secara normal, apalagi pada RPM tinggi, tapi ketika gas mulai kendor, maka lampunya akan hidup mati hidup mati kembali.

Saya putuskan untuk membeli aki baru. Sebelumnya aki bawaannya menggunakan aki kering MF GS Astra GTZ4V, lalu pada tahun lalu soak dan saya ganti dengan aki kering GS Astra juga tapi beda seri yaitu MF GS Astra GTZ5S.

Namun ketika setahun berlalu aki ini soak kembali, padahal kalau dipikir umurnya baru satu tahun. Ya apa boleh buat karna indikator Supra X 125 ini sudah full digital, kalau tidak pakai aki bisa mati semua indikatornya. Mulai dari lampu indikator spedometer mati, klakson mati, sein juga ikut mati, lampu rem juga mati. Bisa bahaya bukan kalau dipake buat jalan?
Setelah saya browsing-browsing harga aki MF GS Astra GTZ5S di internet, saya dapatkan harga Rp. 150.000. Ah, saya pikir gak terlalu mahal. Saya kemudian pergi ke bengkel AHASS terdekat untuk membeli aki. Saya kaget ketika salesnya bilang harga akinya Rp. 225.000 kok jauh banget ya bedanya sama harga yang saya dapat dari internet. Saya menanyakan apakah aki saya bisa di tes terlebih dahulu, salesnya bilang bisa. 

Kemudian mekanik AHASS mulai mengecek aki saya menggunakan alat multi meter/ multi tester/ volt meter atau apalah itu alat yang digunakan untuk mengecek tegangan listrik dan di dapat angka 11,8 Volt. Kata mekaniknya, aki sudah tidak bagus lagi, karna pada aki normal jika di tes akan menghasilkan angka tidak kurang dari 12,4 Volt, sedangkan aki saya cuman dapat 11,8 Volt. 

Lalu saya menanyakan, bagaimana kalau aki di cas dulu, apa bisa kembali normal. Mengingat umurnya yang baru satu tahun itu, meskipun setelah saya browsing-browsing lagi aki kering memang paling lama bertahan satu tahun sampai satu tahun setengah. Si mekanik menjawab silahkan saja di cas kalau mau coba.

Untuk biaya cas sendiri sebenarnya tidak mahal dari pada harga yang harus kita bayar untuk membeli sebuah aki baru. Mungkin cuma Rp. 10.000 ke atas lah, tapi nunggunya itu yang lama, belum lagi nanti kalau memang akinya soak beneran, saya bisa rugi waktu. Lebih enak lagi kalau kita punya alat pengecas sendiri, bisa sekalian eksperimen. Tapi sayangnya saya gak punya. Jadi saya putuskan untuk membeli aki baru saja dengan harga Rp. 225.00. Untung saja saya bawa uang lebih (hehe, kok curcol).

Aki baru ini dibungkus dengan kotak berwarna merah yang merk nya Honda. Serinya tetap sama yaitu MF GTZ5S. Dan setelah saya cek di website resminya AHASS, harga aki ini memang Rp.225.000, jadi saya merasa tidak tertipu dengan harga segitu.

Aki Honda Supra X 125 Soak

Sesampainya di rumah, saya pasang sendiri akinya dan benar saja, kelistrikan kembali normal seperti biasanya. Lampu indikator juga hidup normal seperti biasanya. Starter, sein, lampu rem, klakson, semuanya hidup normal.

Jadi total dua tahun ini saya sudah dua kali ganti aki. Alhasil ada dua bangkai aki terkapar di gudang. Menurut artikel yang saya baca, aki ini masih bisa diperbaiki. Mungkin lain waktu aki-aki itu akan saya perbaiki. Kan lumayan bisa untuk daya lampu emergency kalau lagi mati lampu. Hehe.

[Newbie Review] Mengapa Pilih Honda Verza?

Update Februari 2017!
Sudah hampir tiga tahun setelah saya ganti aki, aki si biru sudah tidak pernah soak lagi. Awet banget ya sekarang. Hehe.

Mau tau biar akinya awet?
Caranya kalo mau ngidupin pas mesin lagi dingin, engkol dulu mesinnnya pake kick starter 3x, setelah itu putar kunci kontak ke "ON" lalu engkol lagi sampai menyala. Saat mesin menyala, tarik tuas choke dan tarik gas agak kuat agar mesin tidak mati.

Setelah beberapa menit, tutup lagi tuas choke dan mulai gas lagi, jika masih berebet, tarik lagi tuas choke, dan gas lagi. Ulangi langkahnya sampai mesin tidak berebet, baru deh jalan.

Tips Agar Aki Tidak Soak! Cara Memanasi Mesin Motor Yang Baik dan Benar

Begitu pun kalau menghidupkan dengan electric starter. Cukup pencet tombol starter sekali, jika mesin tidak hidup, tunggu beberapa detik sampai daya aki kembali normal, baru pencet lagi tombol starter sekali, jika mesin tidak hidup juga, jangan pencet terus tombol starternya, apa lagi di pencet sampe setengah menit, itulah yang bikin aki motor cepet soak.

Kalau mesin tidak juga hidup, engkol gunakan kick starter. Dengan memperaktekkan cara itu dalam tiga tahun ini aki si biru tetap sehat. Oke sekian dulu, semoga bermanfaat.

Ini Yang Kamu Dapat Saat Membeli Honda Verza

Tidak ada komentar:

Posting Komentar