Cara Memanasi Motor Yang Baik dan Benar

Sebelum berkendara ada beberapa hal yang mesti kita lakukan, di antaranya mempersiapkan kendaraan, baik itu motor atau mobil. Lalu bagaimana cara memanasi kendaraan yang baik dan benar? Kali ini kita akan bahas, namun khusus untuk motor saja ya. Tapi jangan salah, prinsip kerjanya tetap sama kok.

Cara Memanasi Motor Yang Baik dan Benar



Penggunaan Electrick Starter dan Kick Starter

Saat pagi hari, saat mesin dalam keadaan dingin kita harus melakukan pemanasan atau warming up terlebih dulu pada motor. Jika motor kalian sudah dilengkapi dengan electrick starter, kebanyakan motor saat ini sudah memilikinya. Maka tinggal putar kunci kontak dalam keadaan "on" lalu tekan tombol starter. Namun ada juga yang menyarankan jika mesin dalam keadaan benar-benar dingin ada baiknya menghidupkan motor harus menggunakan kick starter atau engkol agar aki tidak mudah soak. 
Jika dalam tiga kali starter dengan electrick starter mesin tidak mau menyala juga, maka kalian harus menghidupkan motor kalian dengan kick starter, karna jika kalian tetap memaksa menghidupkan motor dengan electrick starter, saya pastikan aki motor kalian tidak akan bertahan lama.

Sistem Pembakaran Karburator dan Injeksi

Lalu bagaimana memanasi motor dengan sistem pembakaran yang berbeda? Seperti karburator dan injeksi. Pada sistem karburator, biasanya mesin masih dilengkapi dengan tuas choke untuk mempermudah penyalaan mesin dalam keadaan dingin. Nah, kita tinggal tarik tuas choke lalu hidupkan motor. 

Untuk motor dengan sistem pembakaran karburator ada baiknya mesin dipanasi kurang lebih satu setengah menit, paling lama tiga menit, atau bisa juga lamanya disesuaikan dengan indikator tarikan gas. Jika saat gas ditarik ternyata mesin menyendat-nyendat itu berarti mesin belum cukup panas dan belum siap jalan.

Saran saya, jika mesin belum cukup panas jangan melakukan akselerasi, karna akan memperpendek usia mesin. Namun jangan pula memanasi motor terlalu lama karna bisa menyebabkan pemborosan BBM.

Ini Yang Terjadi Jika Aki Honda Supra X 125 Soak

Nah, untuk sistem injeksi memanasi motor dalam keadaan dingin akan lebih mudah. Sistem injeksi adalah teknologi yang sudah canggih namun sangat bergantung dengan kelistrikan. Jika ada masalah dengan kelistrikan, maka akan ada masalah pada pengapian yang otomatis membuat motor juga ikut bermasalah.

Pada motor injeksi, saat pertama kali kita memutar kontak ke posisi "on" maka sistem injeksi langsung mengatur semua komposisi bahan bakar dan udara di ruang bakar. Jika mesin dingin maka komposisi bahan bakar dan udara akan diperkaya agar mesin cepat menyala, begitupun sebaliknya dan semuanya otomatis sistem injeksi yang mengatur dengan bantuan sensor-sensor yang terdapat pada motor injeksi.

Maka dari itu motor injeksi kini sudah tidak dilengkapi lagi dengan tuas choke lagi, karna sistem injeksi sudah sangat presisi dalam pengaturan suplai bahan bakar. Untuk motor injeksi sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk memanasinya. Cukup satu menit saja maka motor sudah siap jalan. Demikian, semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar