Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online [Gampang Banget]

Jika kamu ingin merubah, ganti, atau pindah faskes tingkat 1 BPJS kesehatan, maka di sinilah panduan yang tepat yang bisa kamu jadikan acuan.

Perlu di garis bawahi, secara online di sini adalah setelah proses perubahan selesai, maka data BPJS kita langsung bisa berubah karna sistemnya online. Tapi untuk prosesnya kita tetap harus mengunjungi kantor BPJS terdekat untuk merubahnya. 


Pertama kamu harus mengunjungi kantor BPJS di kotamu. Untuk wilayah palembang, kantor pusat BPJS ada di sebelah kanan sebelum PTC dari arah simpang polda. Sedangkan untuk kantor BPJS di kotamu bisa cek di sini --> Alamat Kantor BPJS

Setelah sampai di kantornya langsung saja utarakan maksud dan tujuan ke security atau petugas informasi. Nanti mereka akan memberitahukan prosedurnya.

Pertama kita nanti akan di kasih formulir. Di formulir itu ada beberapa pilihan perubahan data. Kalau ingin merubah alamat, maka cukup isi kolom perubahan alamat, nah kalau ingin merubah faskes cukup isi kolom perubahan faskes. Untuk formulir kamu juga bisa mendownloadnya di sini --> Formulir Perubahan Data BPJS dan klik di sini --> Formulir BPJS Lainnya jika kamu memerlukan formulir BPJS yang lainnya.

Di kolom pertama silahkan di isi faskes sebelumnya beserta kodenya, dan di kolom kedua di isi dengan faskes yang baru. Untuk nama faskes dan kodenya biasanya di tempel di dinding kantornya, namun kalau tidak ada bisa ditanyakan di petugas yang memberikan formulir atau kamu juga bisa melihat daftarnya secara online di sini --> daftar alamat faskes BPJS 

Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Secara Online [Gampang Banget]
CONTOH PENGISIAN FORMULIR PERUBAHAN FASKES (Klik untuk memperbesar)

Setelah pengisian formulir silahkan kembali ke petugas dan minta nomor antrian. Setelah itu tinggal tunggu panggilan saja deh. Siapkan juga kartu BPJS, KTP, bila perlu KK juga. Antisipasi jika ditanyakan. Untuk lamanya pengurusan perubahan faskes ini tidak sampai 15 menit kok. Gampang banget kan?

Kalau kata petugas BPJS nya, kita bisa langsung berobat ke faskes yang baru yang telah kita rubah tadi. tapi kalau saya baca di peraturan BPJSnya jika kita merubah faskes tanggal 1 s/d tgl 30 bulan ini, maka kita baru bisa berobat ke faskes yang baru di tanggal 1 di bulan selanjutnya. Tapi itu tidak begitu masalah buat saya, yang penting faskesnya sudah berubah. 

Oh ya, kita baru bisa merubah faskes lagi jika kita sudah terdaftar di faskes tersebut selama 3 bulan lamanya. Setelah 3 bulan, kita bisa kembali merubah faskes jika memang kita pindah tempat tinggal atau sebagainya.

Meskipun faskesnya berubah, kartunya tidak diganti. Kita tetap bisa menggunakan kartu yang lama. Untuk memantau info BPJS kamu sebaiknya kamu menginstall aplikasi android BPJS, di sini --> Aplikasi BPJS Kesehatan Android karna akan sangat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar