Berapa Biaya CT Scan Paru/Thorax Di Rumah Sakit Di Palembang

Hallo teman, saat ini ibu saya sedang berjibaku dengan penyakit kankernya. Mohon doanya ya teman-teman semua agar ibu saya bisa kembali sehat seperti sedia kala dan diberi umur panjang. Amiin.

Berawal dari batuk yang dialami ibu saya selama berbulan-bulan, mana waktu itu palembang di serang kabut asap. Saya masih ragu apakah batuk ini efek dari kabut asap atau karna kanker payudara ibu saya yang sudah metasis ke paru. Btw, ibu saya memiliki penyakit kanker payudara stadium lanjut di payudara sebelah kanannya. Dan kankernya ini sudah diangkat, namun hasil patologi menunjukkan jika sel kanker telah menyebar, jadi harus dikemoterapi.


Kemoterapi awal, ibu saya hanya diberi pil kemoterapi oral Tamofen/Tamoxifen sebanyak 30 butir. Harus di minum setiap hari satu butir. Namun setelah minum obat itu, batuknya tak juga reda. Lalu saya ajak ibu saya ke spesialis penyakit dalam di salah satu klinik di palembang. Setelah di rontgen, dokter memutuskan kalau ibu saya menderita TBC. Lalu di beri obat TBC yang empat buah itu, Rifampicin, Ethambutol, Inoxin, PZA. Di minum sudah seminggu, tapi gak ada perubahan. Ibu saya sakit semakin parah, berjalan pun sulit, setiap selesai minum 4 obat itu muntah. Ibu saya tidak mau lagi minum obat TBC itu.

Lalu ada tetangga yang menyarankan untuk periksa lebih lanjut ke RSK Paru Palembang di Jalan Merdeka dekat lampu merah menuju taman KI. Saya bawa ibu saya ke sana. Dokter di spesialis paru di sana menyarankan agar melakukan CT Scan paru atau thorax dengan contrast. Saat itu ibu saya dirujuk ke RS YK Madira. Namun setelah sampai di sana, ternyata pihak rumah sakit bilang tidak bisa melakukan CT Scan dengan contrast. Hanya CT Scan biasa saja. Mereka menyarankan ke RS Siti Khadijah atau RS Charitas.

CT Scan Palembang
Proses CT Scan

Saya langsung membawa ibu saya ke RS Charitas. Dan di sana pihak rumah sakit menyanggupi bisa melakukan CT Scan dengan contrast. Btw, contrast itu cairan yang dimasukkan ke tubuh pasien agar foto CT Scan semakin jelas. Saya pernah baca cairan itu harus diminum, namun pada ibu saya ternyata disuntikkan.

Pertama datang ke sana, kita harus melakukan penjadwalan dulu, kemudian tes darah. Lalu besoknya baru akan di proses CT Scannya. Saat CT Scan dengan contrast dianjurkan membawa keluarga, foto rontgen terbaru, dan tentunya duit untuk bayar ya. hehe

tes darah
hasil tes darah
Besoknya saya, ayah saya, dan ibu saya ke RS Charitas. Sebelum proses CT Scan, kami harus menandatangi beberapa lembar formulir persetujuan yang isinya adalah resiko dari CT Scan dengan contrast, efeknya, dan tingkat kegagalannya.

Jadi penggunaan contrast ini bukan sembarangan ya teman. Ada efek-efek yang akan dialami pasien setelah cairan contrast ini masuk ke dalam tubuh pasien. Efek samping itu bisa berupa panas, mual, muntah, gatal, bahkan kepada resiko kematian. Tapi selama ini, kasus kematian karna cairan contrast ini bisa dikatakan jarang sekali. Tapi bukan berarti tidak mungkin terjadi. Makanya nanti akan dilakukan pengujian dulu dengan cara memasukkan sedikit cairan contrast ini ke tubuh pasien. Jika ada tanda-tanda reaksi yang mebahayakan pasien, CT Scan dengan contrast akan dibatalkan.

Setelah tanda tangan, lalu obat contrast mulai disuntikan sedikit ke ibu saya. Ini untuk menguji, apakah ibu saya aman menggunakan contrast atau tidak. Dan ternyata karna berbagai pertimbangan dari reaksi suntikan yang pertama tadi, dokter memutuskan untuk tidak memakai contrast. Karna bisa membahayakan nyawa ibu saya. Akhirnya ibu saya hanya melakukan CT Scan paru biasa tanpa contrast.

Tidak sampai 30 menit proses CT Scan selesai. Hasilnya bisa diambil esok harinya. Kini saatnya pembayaran. Jadi berapa sih biaya CT Scan paru atau thorax di RS wilayah Palembang?

Jawabannya variatif tergantung anggota tubuh yang mana yang perlu di scan dan juga with contrast atau no contrast. Untuk ibu saya yang melakukan CT Scan paru tanpa contrast biayanya 1,7jt, sedangkan jika harus menggunakan contrast biayanya berkisar antara 3,5jt s/d 4jt. Itulah biaya sekali CT Scan paru di RS wilayah palembang.

pembayaran ct scan paru
Add caption

Hasil CT Scan berupa foto film sama seperti hasil rontgen. Cuma untuk CT Scan kita diberi 7 lembar film, bisa lebih bisa kurang ya. Foto film yang diberikan berkaitan dengan anggota tubuh yang di scan. Dari hasil CT Scan ini ternyata ibu saya tidak menderita TBC, tapi karna kankernya yang sudah metasis ke paru. Dan juga ada sedikit efusi atau cairan di paru-parunya, selain itu ibu saya juga memiliki penyakit batu ginjal.

hasil ct scan thorax paru
ilustrasi hasil CT Scan Thorax atau paru

Akhirnya saya bisa tau penyebab dari keluhan yang dialami ibu saya itu karna kanker payudaranya yang menyebar/metasis ke paru-paru dan KGB (Kelenjar Getah Bening). Sehingga saya bisa memutuskan pengobatan yang mana yang harus saya pilih untuk kesembuhan ibu saya.

Jadi fungsi CT Scan itu adalah membantu dokter untuk memberikan diagnosa yang memiliki tingkat keakuratan yang tinggi. Terutama untuk penyakit yang ada di dalam tubuh manusia. Demikian teman, semoga membantu.

7 komentar:

  1. pak ada foto hasil medis ibunya? yang menyatakan kanker? hasil biopsi atau CT scannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu biaya pas tahun kapan om.... kalo sekarang kira2 brp?

      Hapus
    2. akhir 2014 om. Gak jauh beda kok. Enakan pake BPJS aja om, di RSMH.

      Hapus
  2. Keadaan ibu skrg gmn pak

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Ibu sya telah tutup usia pada april 2017 lalu karna kanker sudah menyebar ke otak beliau.

      Hapus