Pilih Mana, Kamar Mandi Dengan Shower Atau Dengan Bak Mandi?

mandi lebih hemat air dengan shower
kamar mandi dengan shower
Mandi adalah salah satu kegiatan bahkan kebutuhan bagi manusia. Apa iya ada manusia yang tahan gak mandi lebih dari sehari? Pasti gak ada. Kalaupun ada itu hanya segelintir orang saja dan sudah bisa kalian pastikan gimana baunya orang yang gak pernah mandi lebih dari tiga hari.

Tapi lepas dari itu semua ada sebagian dari kita yang jika mandi akan menghabiskan banyak air. Kata orang "kamu mandi apa nguras bak?" Hal ini sering terjadi jika kita mandi menggunakan gayung di bak mandi. Untuk mengatasi agar tidak boros air, kita bisa mandi menggunakan shower. Mungkin kalian bertanya-tanya, apa iya mandi dengan shower lebih hemat? Jawabannya ya, jika kalian menggunakan shower itu dengan lebih bijak.

Mari kita bahas lebih hemat mana mandi di kamar mandi dengan shower versus mandi dengan gayung di bak mandi. Pertama mandi dengan gayung terlebih dahulu. Terus terang di rumah saya pun masih mandi menggunakan gayung di bak mandi. Menurut saya selama ini mandi di bak mandi memang lebih banyak membuang air. Mengapa? Karna satu kali gayungan hanya bisa menyiram bagian tertentu saja dan bagian lainnya tidak ikut tersiram. Hal ini membuat banyak sisa air yang terbuang padahal masih bisa diguyurkan ke bagian yang lain.

bak mandi
kamar mandi dengan bak
Berbeda dengan menggunakan shower, karna di kantor saya kamar mandinya menggunakan shower, jadi saya tau gimana rasanya mandi dengan menggunakan shower. Saat mandi dengan shower, air akan menguyur kita dari kepala, lalu rata ke seluruh tubuh hanya dengan sekali guyuran. Tidak ada bagian tubuh yang lewat dari guyuran shower ini. Jika dengan gayung, kita membutuhkan beberapa gayung air untuk membasahi seluruh tubuh kita. Dari sini sudah jelas, mandi dengan shower jauh lebih hemat.

Selain itu mandi menggunakan gayung itu mengotori air bersih yang ada di bak mandi. Mengapa? Karna saat kita mengambil air ke dalam bak mandi dengan gayung, air tetesan dari tubuh kita pasti akan jatuh kembali ke bak mandi. Hal ini sering terjadi jika jumlah air di baik mandi sudah hampir habis, karna kita harus menunduk lebih jauh ke dalam bak mandi untuk mengambil air. Nah, bisa di bayangin kan, air bekas sabun dan shampo dari tubuh kita yang kotor jatuh kembali dan bercampur dengan air bersih yang ada di dalam bak mandi.

Ada lagi nih kelemahan kamar mandi dengan bak mandi. Air di bak mandi rentan kotor karna posisi bak mandi yang terbuka menyebabkan kotoran bisa mudah jatuh dan masuk ke dalam bak mandi. Mulai dari kotoran hewan cecak, sampe debu bisa saja masuk dan mengotori air bersih yang ada di sana. Kotoran ini lama-kelamaan akan mengendap di dasar bak mandi dan untuk membersihkannya tentunya kita harus sering-sering menguras bak mandi. Bagi sebagian orang menguras bak mandi itu pekerjaan yang kurang menyenangkan, apalagi harus rutin menguras seminggu sekali. Memangnya waktu kita hanya untuk menguras bak? Tentu tidak bukan?

Berbeda saat kita menggunakan shower. Untuk membuat shower kita harus mempunyai tempat air yang di letakkan di atas. Tentunya tempat air ini posisinya harus lebih tinggi dari tinggi posisi shower kita agar air dapat mengalir dari atas ke bawah. Biasanya menggunakan Tedmon atau sejenisnya yang tertutup rapat di bagian atasnya sehingga tidak memungkinkan hewan atau kotoran masuk. Oleh karna itu air dari shower lebih bersih dan tidak terkontaminasi. 

hemat air dan hemat tempat dengan desain kamar mandi shower
kamar mandi dengan shower lebih hemat tempat
Selain itu, kamar mandi dengan shower juga lebih hemat tempat dari pada kamar mandi dengan bak mandi. Nah, kita dapat lagi nih kelebihan kamar mandi ataupun mandi dengan shower.

Tapi kamar mandi dengan shower juga bikin boros air jika kita tidak bijak dalam menggunakannya. Seperti membiarkan air di shower menyala padahal kamu sedang shampoan ataupun sabunan. Perilaku seperti ini akan membuat boros air. Jadi ketika kamu shampoan atau sabunan kamu matikan dulu showernya. Lagian sabun atau shampo yang kamu pakai tidak akan merata jika baru mengusapnya busa sabun sudah tersiram air dari shower. Jika sabun sudah merata ke sleuruh tubuh, baru hidupkan shower kembali. Jadi kembali lagi, apa pun itu pilihan kalian, mau kamar mandi dengan shower ataupun bak mandi, kalian harus lebih bijak dalam menggunakannya.

Keyword penelusuran:
shower vs bak mandi
cara efektif hemat air di kamar mandi
kelebihan kamar mandi dengan shower
perbedaan bak mandi dan shower
mandi dengan shower lebih irit air
kama mandi dengan shower lebih hemat tempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar