Kelebihan dan Kekurangan Printer Infus Canon IP2770

Entah ini menurut saya saja atau mungkin sobat juga merasakan hal yang sama. Printer adalah perangkat komputer yang paling sering rusak atau bermasalah. Bener apa enggak..?

Saya di sini akan sharing saja tentang pengalaman saya menggunakan printer infus vs printer suntik dalam pengisian tintanya. Saya akan membahas apa saja sih kelebihan dan juga kekurangan printer infus.

Pada dasarnya printer canon itu memang dari pabrikannya gak ada yang pake infus. Yang ada infusnya setau saya merek epson atau brother (koreksi jika salah). Tapi kita bisa melakukan modifikasi untuk memasang infus pada printer canon. Cara pasangnya pun mudah dan alat-alat untuk infusnya juga tersedia di toko-toko komputer. Tinggal kita saja mau nginfus sendiri apa makek jasa tukang infus.

Yang kamu perluin untuk nginfus itu cuma tabung infus (biasanya udah include selang salam seal penutup juga pipa kecil untuk masukin ke lobang cartridge, juga include tintanya, tapi kualitasnya kurang bagus), bor (untuk ngelobangin cartridge), sama botol kecil untuk bagian pembuangan. Pada dasarnya tinta yang ngeluber akan di serap oleh busa yang ada di samping dalam printer, tapi busa ini lama kelamaan daya serapnya kurang dan juga tidak bisa menyerap banyak tinta yang ngeluber. Nah dengan adanya botol kecil tadi, tinta yang ngeluber langsung di keluarkan dan ditampung di botol kecil tadi.
infus printer canon ip2770
printer canon ip2770 infus

Saat pertama kali beli printer canon IP2770, saya masih suka ngisi tinta dengan cara di suntik. Karna waktu itu sedang ngegarap skripsi, jadinya printer sering banget dipake dan sering banget kehabisan tinta. Makanya sering bolak balik suntik. Karna ribet dan males nyuntik jadinya kepikiran untuk nginfus.

Pas sering dipake sih printer fine-fine aja. Tapi kendala muncul ketika printer udah jarang kepake karna kebetulan skripsi dah kelar. Mulai deh printer infus ini bermasalah. Mulai dari anginan, tinta gak mau ngalir ke cartridge, selang infus yang nyangkut, hasil cetak yang acak kadut, dan masih banyak lagi masalah lainnya.

printer infus masuk angin
printer infus masuk angin sumber gambar: shigitarieyw21.blogspot.com

Kalo tinta gak ngalir atau infus masuk angin sih biasanya saya angkat tabung infusnya ke atas. Posisi printer di bawah, tabungnya di atas biar tintanya ngalir. Hukum cairan kan akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Tapi yang ada tinta jadi ngeluber banyak banget.

Ada beberapa cara sih sebenarnya untuk ngatasi printer masuk angin ini. Termasuklah dikerokin. Kwkwkkkw, becanda om. Biar gak masuk angin biasanya bisa di tambihn ink stabilizer di selang infus. Atau bisa juga buka penutup udara di tabung infus, lepaskan dari cartridge selang yang masuk angin, lalu tiup dari lubang angin tabung tadi sampe tintanya netes. Baru pasang lagi selang ke cartridge dan tutup kembali lobang angin di tabung tadi. Cara ini gak selamanya work, tergantung dari orang yang ngelakuinnya. Kwwkkwk

lubang angin tabung infus printer
lubang angin tabung infus printer

Karna memang printer dengan infus itu posisinya sejajar. Prinsip cara kerja tinta bisa masuk ke dalam cartridge itu adalah dengan menyedot. Jadi cartdridge ini nyedot tinta langsung dari tabung sesuai dengan kebutuhan cartridge, jadi gak nyampe ngeluber. Itulah tadi hubungan selang antara cartridge dan tabung infus harus vakum atau tanpa udara. Nah kalo udah masuk udara (istilah anginan) cartridge jadi gak bisa nyedot tinta.

posisi meletakkan tabung infus printer
tabung dan printer sejajar

Terus gimana cara merawat printer infus? Caranya printer harus selalu dipake, minimal dua hari sekali di pake ngeprint. Karna kalo seminggu saja printer gak dipake biasanya langsung anginan.

Kelebihan printer infus ini antara lain gak ribet karna gak harus bolak-balik isi tinta atau refill tinta. Satu tabung itu bisa untuk banyak cetak. Kalo soal kualitas cetak itu juga bergantung dari bagus apa enggaknya tinta yang kamu pake. Tapi kekurangannya kalo jarang di pake malah jadi ribet. Karna ya itu tadi anginan. Kalo printer yang sudah di infus ini infusnya dilepas cartridgenya gak akan tahan lama lagi. Ada aja masalahnya, cartridge keringlah, dll.

Kalo cartridge kering sih saya biasanya sering rendam di bagian matanya ke dalam air panas. Dari sana akan keluar banyak tinta. Itu tandanya cardridge udah gak kesumbat lagi. Tapi pada kenyataannya waktu dipake lagi tinta tetep gak mau keluar.

Jadi kalo kamu sering pake printer, kayak usaha warnet, atau percetakan, baiknya pake printer infus. Tapi kalo jarang di pake ya disuntik aja cara ngisi tinta printernya. Karna dengan disuntik cartdridge jauh lebih awet dari pada di infus tapi sering di lepas-lepas selang infus dari cartridgenya. Karna diinfus itu kan kita ngelobangi cartridge dengan lubang cukup besar, sedangkan kalo suntik kita ngeluangi cartridge hanya seukuran jarum. Jadi kemungkinan tinta yang di dalam cartridge menjadi kering bisa di minimalisir.

Kata kunci penelusuran:
cara mengisi tinta printer
printer infus murah
cara infus printer
merawat printer infus
refill tinta printer
perawatan printer infus
tinta printer terbaik
cara pasang infus printer
kelebihan printer infus
tabung infus printer
rekomendasi printer infus
alat infus printer
peralatan infus printer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar