IKHLAS: Melepaskan Untuk Mendapatkan

ikhlas melepaskan untuk mendapatkan

Kita tentunya sering sekali mendengar kata ikhlas. 
Terutama yang sering dihutangin tuh.. Pasti sering banget denger kata "IKHLAS" dari orang yang ngutang. Haha

Penghutang: "Ikhlas gak nih..?"
Korban: "Ikhlas..." (Padahal mah dalam hati gregetan juga.. Utang yang kemaren aja belum dibayar, sekarang ngutang lagi) :hammer


Tapi begitulah ikhlas, semua orang bisa berkata "ikhlas" tapi tidak semua orang bisa benar-benar ikhlas dari dalam dan luar dirinya.

Pernah nonton film "Ki Amat Sudah Dekat", eh sory, salah tulis, maksudnya "Kiamat Sudah Dekat?"

"Ki" sama "Amat" nya digabung bukan dipisah.

Kurang lebih ceritanya begini...
Di film itu, Fandy, pemeran utama (Andre Taulany) berniat untuk melamar Sarah (Ayu Pertiwi) yang tidak lain adalah putri dari Haji Romli (Dedy Mizwar).

Namun untuk lamaran itu diterima ada syaratnya, yaitu Fandy harus bisa sholat, ngaji, dan mampu menguasai ilmu ikhlas dalam tempo dua minggu. Jika tidak, maka Sarah akan dinikahkan dengan Farid, yaitu mahasiswa yang sedang kuliah di Kairo.

Wow banget ya.. Itu berat banget.

Fandy yang dulunya berandalan, yang gak ngerti agama, harus bisa sholat, ngaji, dan menguasai ilmu ikhlas dalam dua minggu plus harus duel head to head dengan Farid santri yang notabene udah paham ilmu agama.

Oke, sholat dan ngaji akhirnya bisa Fandy kuasai, namun pada hari-hari terakhir Fandy kesulitan untuk menguasai ilmu ikhlas.

Sudah segala buku yang judulnya mengandung kata "ikhlas" dia beli dan dia baca bersama teman-temannya. Sampai-sampai plang tanah orang yang ada tulisan "Di Jual, Tanah 400 M Persegi, Hubungi Haji Ikhlas" pun hendak temannya bawa untuk sebagai referensi belajar ilmu ikhlas. Namun nyatanya, dari kesemua referensi itu, tidak ada yang bisa membuat Fandy benar-benar menguasai ilmu ikhlas.

Di hari penentuan tepat dua minggu selepas syarat diberikan akhirnya Fandy dan Farid dipertemukan untuk diseleksi langsung oleh Haji Romli.

Seperti yang kita tebak, Farid yang notabene seorang santri menang telak. Farid bisa mengaji, bisa sholat, dan mengerti definisi ilmu ikhlas. Saya tekankan lagi "definisi ilmu ikhlas".

Fandy yang melihat itu semua, akhirnya mulai pasrah dan iklhas jika Sarah dipinang oleh Farid yang memang mengerti agama. Saya tekankan lagi "Fandy Ikhlas jika Sarah di pinang oleh Farid yang memang mengerti agama."

Namun penilaian Haji Romli berbeda..

"Nah, ini calon mantu gue!".
"Loe bener-bener udah menguasai ilmu ikhlas dalam waktu dua minggu, Loe gue terima jadi mantu Gue". Ungkapnya kepada Fandy.

Melihat itu semua, Farid mulai gusar. "mengapa berandalan ini yang Pak Haji terima jadi mantu..?"

Haji Romli menjawab, "Eh, Rid, Loe hanya ngerti definisi dari ilmu ikhlas, tapi Loe belum bisa nerapin ilmu ikhlas itu dalam kehidupan Loe. Sedangkan Fandy, dia benar-benar telah menguasai ilmu ikhlas, dibuktikan dari dia ikhlas kalau Sarah bisa menikah dengan Loe, Farid."

Mendengar itu Farid tercengang.

Begitulah akhirnya, Farid yang seorang santri gagal menikahi Sarah, sedangkan Fandy yang mantan brandalan berhasil mendapat restu untuk menikahi Sarah karna mampu menguasai ilmu ikhlas.

Kurang lebih seperti itulah ikhlas, intinya adalah melepaskan untuk mendapatkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar